Sidoarjo – Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia lolos ke semifinal ‪AFF U-19 Youth Championship 2013. Kepastian itu setelah Garuda Muda bermain imbang 1-1 lawan Malaysia, Rabu (18/9/2013) malam di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.
Menekan sejak menit awal, Indonesia memperoleh kans dari tendangan keras Dimas Sumantri. Sayang bola justru mebentur kaki Dinan Javier. Menit keenam, giliran Evan Dimas mengirimkan bola dari tendangan voli di luar kotak penalti. Sayang peluang itu dapat digagalkan pemain belakang Malaysia. Absennya Hansamu Yama Pranata coba dimanfaatkan Malaysia dengan mencecar pertahanan Indonesia lewat bola-bola lambung.

Sejauh ini, strategi yang dikembangkan Malaysia dapat digagalkan barusan pertahanan Garuda Muda. Menit ke-14, kapten Malaysia meminta rekannya menepi setelah suporter Indonesia melakukan aksi lemparan botol pada Faris Rosli yang akan mengeksekusi corner kick. Tak hanya itu, suporter juga menyinari pemain Harimau Muda dengan sinar laser.

Aksi ini hanya berlangsung dua menit. Pemain Malaysia akhirnya mau bermain kembali setelah ditenangkan oleh wasit Steve Supresencia asal Filipina. Memanfaatkan kesalahan Zulfiandi dalam mengantisipasi umpan terobosan Malaysia, striker M Jafri berhasil melewati Putu Gede  sebelum akhirnya memperdaya kiper Ravi Murdianto. Malaysia unggul 1-0 pada menit ke-19.

Permainan bola pendek cepat yang ditunjukkan Indonesia waktu mengalahkan Thailand, luntur di laga ini. Indonesia justru bermain seburuk waktu dikalahkan Vietnam. Simulasi yang dilakukan dalam sesi berlatih, juga tak diterapkan pada 30 menit awal babak pertama ini. Lini tengah pun tak berkembang dan justru dikuasi anak-anak Harimau Muda.

Duet Hargianto dan Zulfiandi sebagai gelandang bertahan, tak belangsung baik dan menjadi titik lemah Indonesia di babak pertama ini. Ditambah lagi peran Hendra Sandi yang kurang menonjol sebagai pemain sayap. Sandi lebih banyak beroperasi di sektor gelandang. Dua bek sayap, Mahdi Fahri Albaar dan Dimas Sumantri juga banyak melakukan kesalahan.

Indonesia menekan lewat crossing Sandi menit ke-39. Tapi bola lebih dekat ke kiper Malaysia, Syihan Hazmi. Setelah itu, Malaysia masih berusaha mengancam pertananan Indonesia lewat bola-bola lambung. Meski sempat kelabakan, Indonesia akhirnya menutup paruh pertama dengan skor 0-1.

Memasuki babak kedua, untuk memaksimalkan serangan, Maldini masuk menggantikan Sandi menit ke-49. Menit ke-53, aksi individual Maldini diselesaikan dengan sebuah tembakan keras. Sayang dapat ditepis kiper dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Dari sinilah gol perama Indonesia lahir juga di menit ke-53 melalui Ilham Udin Armaiyn. Memanfaatkan bola muntah tendangan Evan Dimas yang gagal ditangkap kiper, Ilham dengan gampang mencocor bola ke arah gawang yang sudah melompong.

Berhasil menyamakan kedudukan membuat Indonesia semakin bernafsu menambah angka. Sontekan Evan Dimas di menit ke-62 hampir membuahkan gol. Sayang bola melebar di sisi kanan gawang Harimau Muda. Evan mengirimkan umpan lambung ke arah Dinan pada menit ke-65. Sayang bola bisa dipotong kiper Syihan Hazmi.

Garuda Muda hampir menciptakan gol kedua saat umpan datar Hargianto mengarah ke Ilham yang berdiri bebas pada menit ke-69 . Sayang sontekannya dapat ditepis kiper. Bola muntah kembali ke kaki Ilham. Tapi tendangannya lagi-lagi dapat digagalkan kiper Syihan. Peluang serupa kembali terjadi pada menit ke-73. Kali ini sepakan Maldini, memanfaatkan umpan datar Ilham, masih dapat diamankan kiper.

Menit ke-76, Ilham memberikan umpan manis ke Hargi. Berhadapan face to face, bola tendangan Hargi sebenarnya tak dapat ditepis kiper. Sayang arahnya melebar. Dukungan suporter Indonesia membuat mental pemain Malaysia keder. Berulang kali pemain Malaysia melakukan salah passing setelah diteriaki ‘boo’ oleh penonton.

Memasuki 10 menit krusial, nampak stamina pemain kedua tim mulai terkuras. Meski begitu, jual beli serangan masih terus berlangsung. Menjelang pertandingan usai, Indonesia memasukkan Paulo Oktavianus menggantikan Evan Dimas. Indonesia mendapat peluang lewat Dinan. Sayang gagal. Skor imbang 1-1 mengantarkan Indonesia masuk ke semifinal.

Indonesia yang mengoleksi 10 poin, menduduki posisi kedua. Mereka akan bertemu Timor Leste di babak empat besar. ( one )